Sejarah Tentang Internet

1. SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan progma e mail yang diciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e mail itu begitu mudah sehingga menjadi populer dan banyak dinikmati. Ikon @ pada e mail menyatakan pada atau at dalam internet. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di luar Ameriks Serikat. Komputer University Collage di London merupakan komputer pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Di tahun yang sama, dua orang ahli komputer (Vinton Cerf dan Bob Kahn) mempersentasikan gagasan yang lebih besar, yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet.

Ratu Inggris pada tahun 1976 juga berhasil mengirimkan e mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer tergabung di ARPANET yang membentuk sebuah jaringan. Dari sini pula berkembang pengertian internet sebagai jaringan komputer luas dan besar yang menghubungkan pemakai komputer dari satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia.

Istilah lain yang kita temukan dalam internet adalah NewsGroup. Awalnya dikenal dengan USENET. NewsGroup ditemukan tahun 1979 oleh Tom Truscolt, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Dan tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982 penggunaan jarigan komputer semakin meningkat, sehingga menimbulkan ide untuk membuat sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Maka terbentuklan Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal dengan Eunet, menyediakan jaringan di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia dengan layanan e mail dan newsgroup.

Tahun 1987 jumlah komputer yang saling tersabung mencapai 10 kali lipat yang menimbulkan ide untuk membuat penyeragaman terutama alamat. Dan dikembangkan sistem penamaan dalam jaringan komputer yang dikenal dengan Domain Name Syatem (DNS) yang mana di tahun 1984 juga sudah diciptakan.

Istilah Chat dalam dunia maya ternyata ditemukan oleh Oikarinen dari Finland tahun 1988, yaitu IRC (Internet Relay Chat). Dan tahun 1990 baru muncul WWW (World Wide Web) yang ditemukan oleh Berners Lee yang bisa menjelajahi satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia. Ini yang menjadi dasar berkembangnya pembelajaran berbasis web yang akan kita geluti satu semester ke depan.

Pengembangan tentang standarisasi web terjadi pada tuhun 1994, CERN dan MIT (Massachusset Institute of Technology) membuat persetujuan untuk membentuk Konsorsium  World Wide Web.

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio“di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989

2. KEJADIAN PENTING DALAM PERKEMBANGAN INTERNET

    1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
    1958 Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
    1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer
    Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
    Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
    1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson. 1968 Jaringan Tymnet dibuat.
    1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
    1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet” 1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
    1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
    1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“. 1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
    1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET. 1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
    1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
    Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
    Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
    1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
    1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
    Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
    Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan
    Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
    Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
    1993, lahirnya browser grafis. Menjadikan tempat berpijak era persaingan browser dan persaingan mengubah halaman web statis menjadi multimedia ekstravaganza.
    1994, lahirnya yahoo. Merupakan site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar ditektori dari setiap site penting dan terlahir sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e mail dan jasa lainnya
    1995, Juli lahirnya perusahaan Amazon.com. Merupakan site toko buku terbesar di dunia yang telah berevolusi menjadi sesuatu yang mencakup apa saja. Amazonlah yang memulai revoluasi commerce
    1995, Agustus netscape go publlic. Namun gagal karena kehadiran microsoft dalam perang browser
    1995, eBay melakukan sistem tawar di internet dengan memberikan kompensasi pada barang bekas yang dilelang. Di tahun yang sama juga berkemang Mailing list yang digunakan saat itu untuk menyebar luarkan info dunia kerja.
    1996, Jennicam menjadi jalan dan ide untuk isndustri webcam dewasa, reality show dan site video lainnya seperti youtube
    1998, munculnya berita pertama kali di web yang digunakan sebagai media yang memiliki lingkup nasional. Disebut dengan era berita web
    1998, Septmber berdirinya google. Google terbuka untuk bisnis di dalam garasi Sillison Valley. Merupakan aplikaso web 2.0 yang  pertama dan kesuksesannya dapat dilihat dari keputusan Oxpord English Dictionary untuk memasukkan kata google sebagai kata kerja yang artinya melakukan pencarian di web.
    2001, merupakan entry pertama wikipedia, sebuah ensiklopedia online dimana siapapun bisa menambahkan atau mengedit tentang apa saja
    2002. Merupakan tahun dimana blog pertama kali dipopulerkan oleh bloger.com yang dimiliki oleh PyraLab
    2003 Februari, evolusi fungsionalitas dengan munculnya debut oddpost. Yaitu jasa web mail yang seperti berfungsi pada hard drive. Membaca pesan dan melakukan drag and drop untuk mengatur inbox
    2003, munculnya friendster. Friendster merupakan pionir pertama yang berusaha menghubungkan penggunanya. Karena berbagai keputusan bisnis yang tidak baik maka site ini mengalami stagnasi dalam pertumbuhannya
    2005, blog diyakini sebagai alat berharga untuk menyampaikan dan menerima pengalaman seseorang. Pada peristiwa bagai katrina, seseorang menulis di blog yang mana informasi yang dia tulis tidak didapatkan oleh CNN
    2006, lahirnya facebook yang dirintis oleh Mark Zuckerberg. Berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School. Dia lulus dan masuk Harvard university yang pada awalnya hanya membuat program coursemantch yang memungkinkan mahaisswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman sekelasnya.
    Twitter didirikan oleh Jack Dorsey, Biz Stone dan Evan Williams pada tahun 2006. Twitter adalah jejaring sosial dan microblogging dimana pengguna dapat memberikan informasi terupdate tentang diri, bisnis dan lainnya

3.   ISTILAH DALAM INTERNET

    Acces , adalah kegiatan mengambil atau menyimpan dari internet kekomputer
    Alias, adalah nama lain di dalam halaman internet misalnya sedang melakukan chatting
    Attachment, adalah fasilitas untuk melampirkan surat dalam pengiriman e-mail
    Banner, adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.
    Bandwidth, adalah kapasitas dan kecepatan jaringan untuk transfer data
    Browser, adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet seperti: internet exploler dan Mozila
    CGI/Perl, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.
    Chat, adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).
    Chatting, adalah istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
    Client, adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
    Cyberspace, merupakan Dunia maya internet yang tidak dibatasi aleh batas-batas wilayah Negara samudra atau benua
    Dial-Up, adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.
    Dial-Up Networking, adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.
    Domain name, adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
    Download, adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
    DNS, merupakan domain nama system adalah system yang digunakan untuk memberi nama URL
    E-Commerce, Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
    E-mail atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.
    FTP (file transfer protocol) adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
    Hacker, adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
    Homepage, adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.
    HTML (Hyper Text Markup Language), adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.
    Http://http atau (Hyper Text Transfer Protocol) adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http
    Internet Explorer, adalah program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.
    Internet-TV, adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.
    Intranet, sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
    ISP (Internet Service Provider), adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
    Login, otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
    Logoff, tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
    Lycos, adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com
    Modem, adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
    Netscape Navigator, merupakan program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.
    Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
    Plugin, adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
    Script, adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.
    Search Engine, adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.
    Server, adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
    Upload, adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
    User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
    Virus, adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
    VisualBasic, bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
    Voice-mail, sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
    WAP (Wireless Application Protocol), adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.
    Web browser, program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
    Webmaster, adalah seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.
    Web page, adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.
    Website, adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.
    www (world wide web) adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal
    Wirelesm adalah Koneksi internet tanpa kabel dengan host

Ini sebagian kecil istilah dalam penggunaan internet. Banyak istilah digunakan dalam internet disebabkan internet digunakan oleh banyak kalangan, bukan komunitas tertentu saja. Misalnya militer, media massa, bisnis dan juga pendidikan. Diantara istilah-istilah tersebut, menurut Onno W. Purbo dalam Darmansyah (2010:79), ada lima aplikasi standar internet yang digunakan dalam pendidikan; yaitu e mail, mailing list, news group, File Transfer Protocol dan World Wide Web.

4. SISTEM NAMA RANAH DALAM INTERNET

 Beberapa contoh TLD yang ada di internet ::

a. TLD umum

        .aero: industri pesawat terbang
        .arpa: Address and Routing Parameter Area
        .biz: bisnis
        .com: komersial
        .coop: koperasi
        .info: informasi
        .int: internasional
        .jobs: sumber daya manusia
        .museum: museum
        .name: nama perorangan
        .net: jaringan
        .org: organisasi
        .pro: profesi
        .travel: industri wisata
        .tv: televisi

b. TLD eksklusif Amerika Serikat

    .edu: pendidikan (eksklusif untuk Departement Pendidikan Amerika Serikat)
    .gov: pemerintah (eksklusif untuk pemerintah Amerika Serikat)
    .mil: militer (eksklusif untuk militer Amerika Serikat)

Walau demikian, nama ranah .edu digunakan pula dalam praktiknya untuk beberapa situs Indonesia.

c. Beberapa nama TLD lokal

    .go.id: didedikasikan untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
    .mil.id: penggunaan secara khusus oleh militer RI
    .co.id: bagi perusahaan atau lembaga komersial
    .or.id: untuk organisasi nirlaba
    .web.id: didesignasi untuk badan informal maupun pribadi
    .net.id: ranah umum untuk situs Internet
    .war.net.id: diperuntukkan warnet (warung Internet)
    .sch.id: ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
    .ac.id: didedikasikan bagi lembaga akademik semisal universitas

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (disingkat PANDI) adalah sebuah badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id. PANDI dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi Indonesia dan mendapatkan persetujuan sebagai penerima mandat dari pengelola domain tingkat tinggi (dunia) ICANN (internet for Assigned Name and Number). PANDI dibentuk tanggal 29 Desember 2006 di Jakarta melalui dukungan Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika.
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tentang Dunia Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger